Latest News
Kamis, 08 Desember 2016

Bank Indonesia Catat Perlambatan Penyaluran Kredit

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia mencatat terjadi perlambatan penyaluran kredit perbankan pada Juli 2016, akibat masih melemahnya ekonomi global. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, ‎pertumbuhan kredit sampai Juli 2016 sebesar 7,7 persen secara tahun ke tahun, dimana pencapaian ini lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 8,9 persen dari tahun ke tahun. "‎Bank Indonesia memperhatikan kondisi ekonomi global masih belum pulih dan kredit itu tumbuhnya terbatas karena peran permintaan, dimana permintaan banyak hal pengaruhnya lemahnya ekonomi dunia," tutur Agus di gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (22/9/2016).
Menurutnya, kebijakan moneter yang dilakukan Bank Indonesia tidak terlalu banyak terhadap penyaluran kredit, karena ‎perbankan menjalankan prinsip kehati-hatian akibat kreditbermasalah mengalami kenaikan.
"Kredit bermasalah meningkat jadi 3,2 persen (gros), jadi kalau mendorong pertumbuhan dan perbaikan rasio NLP (kredit bermasalah) harus ada perbaikan pertumbuhan ekonomi global," tutur Agus.
Lebih lanjut dia mengatakan, Bank Indonesia sendiri telah menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi global‎ menjadi 3 persen dan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5 persen.
  • Google+ Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bank Indonesia Catat Perlambatan Penyaluran Kredit Rating: 5 Reviewed By: Unknown