Latest News
Sabtu, 03 Desember 2016

BI Gandeng FEBI UIN Ar Raniry dan CENTRIEFPP Gelar Seminar Sosialisasi Buku ”Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia”

Banda Aceh – Bank Indonesia (BI) menggandeng Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry dan Lembaga CENTRIEFPP (Centre for Trainig & Research in Islamic Economics, Finance & Public Policy)menyelenggarakan Seminar Sosialisasi Buku ”Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia” di Auditorium Prof. Ali Hasymi Kopelma Darussalam, Kamis, 1 Desember 2016.
Kegiatan ini langsung dihadiri oleh Direktur Departemen Riset Kebanksentralan BI Pusat, Andang Setyobudi bersama tim penulis buku, Wakil Rektor II UIN Ar Raniry, Dekan FEBI, dan undangan dari perwkilan Pemerintah Aceh dan Kota Banda Aceh.
Acara berjalan sangat sukses yang ikuti dengan antusia oleh 600an orang peserta sampai dengan selesai diskusi bedah buku “Perjalan Perbankan Syariah di Indonesia” yang terdiri dari perwakilan mahasiswa dan  dosen, para pimpinan Bank-bank Syariah se Banda Aceh.
Dekan FEBI UIN Ar Raniry, Prof. Dr. Nazaruddin A Wahid, MA., menggambarkan tentang awal perkembangan perbankan syariah di Indonesia yang seakan menjadi tamu di negara yang mayoritas penduduknya Islam, namun setelah melewati usia tiga dasawarsa  mengalami perkembangan yang menggembirakan, khususnya di Aceh yang ditandai dengan konversi Bank Aceh Konvensional menjadi Bank Aceh Syariah.
Lebih lanjut menurutnya, perlu adanya inovasi produk perbankan syariah agar dapat memikat nasabah karena cikal bakal produknya bersumber dari akad muamalah yang banyak jenisnya, tapi masih minim yang diadobsi ke dalam perbankan syariah masih sangat sedikit sehingga bisa mengalami titik jenuh atau tidak menarik lagi bagi nasabah.
“Celah lain perkembangan produk perbankan adalah dengan melihat seluruh segmen kebutuhan masyarakat seperti pada sektor pertanian hingga perdagangan internasional yang dapat diakomodir oleh akad-akad tersebut” ungkap Guru Besar Ekonomi islam tersebut.
Sementara itu, Andang Setyobudi, Direktur Departemen Riset Kebanksentralan (BI) juga sependapat bahwa lembaga keuangan atau perbankan syaraiah di Indonesia memiliki prospek semakin baik di masa yang akan datang.
“Jika mampu mengoptimalkan peluang, merespon kebijakan dengan tepat, serta mengatasi sejumlah tantangan, maka perbankan syariah diyakini mampu berkiprah lebih optimal terutama dalam menggerakkan perekonomian bangsa” ungkap Andang Setyobudi, saat membuka acara diskusi publik tersebut
  • Google+ Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: BI Gandeng FEBI UIN Ar Raniry dan CENTRIEFPP Gelar Seminar Sosialisasi Buku ”Perjalanan Perbankan Syariah di Indonesia” Rating: 5 Reviewed By: genBI Aceh