• Peran Bank Indonesia Dalam Mewujudkan Smart City Smart Money

    Oleh  Fitri Febrina
    Anggota GenBI Aceh Tahun 2016

    PERAN BANK INDONESIA  DALAM MEWUJUDKAN 
    SMART CITY SMART MONEY

            Sudah menjadi suatu kewajiban bagi warga Indonesia untuk membangun negara ini bersama, hanya saja tidak semua orang mampu untuk mewujudkannya dikarenakan keterbatasan yang dimilikinya. Namun hal ini tidak membuat pemerintah menyerah untuk terus berbenah dan begitu juga dengan Bank Indonesia. Pemerintah melakukan berbagai cara untuk mensejahterakan rakyatnya dengan segenap kekurangan yang dimiliki sehingga hal inilah yang menjadikan power bagi Bank Indonesia untuk bersatu menjadi satu energi yang luar biasa dan memberikan pengaruh besar bagi perubahan negara kearah yang lebih positif. Bank Indonesia yang merupakan bank sentral Republik Indonesia sangat berambisi  untuk terus mewujudkan kecerdasan dan kesejahteraan bangsa salah satunya adalah dengan mendukung penerapan Smart City Smart Money.
         Bank Indonesia bekerja sama dengan pemerintah dan berperan aktif dalam mempercepat elektronifikasi transaksi keuangan melalui 5 kegiatan, yaitu :
    1.      Penyusunan (masterplan) elektronifikasi
    2.      Koordinasi dengan kementrian/lembaga dan instansi terkait
    3.      Fasilitasi elektronifikasi transaksi pemerintah
    4.      Intensif penggunaan transaksi non tunai dan
    5.      Elektronifikasi pemerintah daerah.
    Hal ini diwujudkan dalam kegiatan launching aplikasi info pangan jakarta (IPJ) dan soft launching kartu jakarta one yang dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo dan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thahja Purnama pada kamis, 2 Juni 2016 di Jakarta yang mengawali dibukanya Smart City Smart Money.

    Berbagai macam rangkaian kegiatan yang dipersembahkan dalam kegiatan tersebut diantaranya yaitu kegiatan seminar yang berkaitan dengan sistem pembayaran dan elektronifikasi, tidak hanya itu untuk menyemarakkan acara tersebut dan juga sebagai ajang kreatifitas anak muda dan menggali potensi yang lebih energik diselenggarakan pula Jazz Festifal dan workshop Jazz bersama tokoh-tokoh Jazz Indonesia.
    Kota merupakan pusat dari aktivitas masyarakat sehingga dibutuhkan perhatian yang ekstra dari pemerintah karena kota dengan daya saing yang tinggi akan membuat magnet bagi modal dan tenaga kerja produktif sehingga memberikan peluang bagi ekonomi domestik untuk menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional. dalam mewujudkan daya saing yang tinggi maka strategi yang harus ditempuh adalah dengan mengembangkan konsep kota cerdas (Smart City) walaupun ada beberapa kota yang belum terintegritas dengan baik ini menjadi tantangan dalam mendukung terciptanya kota cerdas sehingga disini dibutuhkan peran aktif masyarakat kota untuk melewatinya.
    Bank Indonesia memberikan pengaruh besar dalam perannya mewujudkan smart city dimana Bank Indonesia terus mendorong implementasi elektronika transaksi keuangan yang dapat meningkatkan efisiensi hubungan masyarakat, bisnis, dan pemerintah. Bekerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah, Bank Indonesia menggalang potensi transaksi keuangan yang bisa dielektonifikasikan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan efisien. Demi terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menjaga stabilitas makroekonomi Bank Indonesia juga memperkuat koordinasi dan sinergi kebijakan sebagai langkah menuju perekonomian yang lebih baik.


    Nama              : Fitri Febrina
    Nim                 : 140602122
    Jurusan          : Ekonomi Syariah
    Universitas     : Uin Ar-Raniry Banda Aceh

    Anggota GenBI Tahun 2016

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment