Latest News
Selasa, 31 Januari 2017

TabunganKu Demi Masa DepaKu

TabunganKu Demi Masa DepaKu
Oleh Iswanda 
Anggota GenBI Aceh Tahun 2016
Sejak di perkenalkan dan diresmikan Januari 2010 oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Gubernur Bank Indonesia bersamaan dengan peluncuran Gerakan Indonesia Menabung (GIM), tabunganKu cukup banyak mendapat perhatian masyarakat dan telah dicanangkaan ke dalam 70 bank nasional dan bank-bank pembangunan daerah.
Latar belakang adanya program ini sendiri dikarenakan masih banyaknya masyarakat di Indonesia yang masih enggan menabung di perbankan karena belum adanya produk tabungan yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti adanya tambahan administrasi bulanan, persyaratan dan presedur pembuatan rekening tabungan yang masih sulit, dan masih banyaknya masyarakat Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan yang pendapatannya hanya cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Mereka merasa hal tersebut sangat terbebani sehingga sulit untuk menyisihkan sedikit uangnya  untuk di tabung di bank, maka pemerintah mengharapkan dengan adanya produk TabunganKu mereka bisa memperoleh akses ke bank dengan mudah dan dapat menumbuhkan gemar menabung pada mereka.
Tentang TabunganKu
    TabunganKu adalah sejenis tabungan biasa yang sama halnya dengan tabungan-tabungan lain di seluruh bank, yang membedakan TabunganKu dengan tabungan lain ialah TabunganKu terbebas dari biaya administrasi (gratis) yang dikhususkan untuk perseorangan dan untuk warga negara Indonesia (WNI), dengan persyaratan yang sangat mudah dan ringan. Produk ini diterbitkan secara bersama oleh Bank Indonesia (BI) dengan bank-bank yang ada di Indonesia guna meningkatkan budaya menabung di kalangan masyarakat khususnya masyarakat kalangan bawah, sehingga kita dengan mudah mendapatkan jenis tabungan ini di seluruh bank di Indonesia seperti BRI, BNI, BCA, Bank Mandiri, Bank Aceh dan bank-bank yang lainnya. Persyaratan yang mudah dalam pembukaan buku rekening yang menjadi salah satu kelebihan yang ada pada produk TabunganKu ini.
Adapun persyaratan pembukaan tabungan ini sendiri, calon nasabah cukup membawa kartu identitas seperti KTP/SIM asli ke bank tujuan sedangkan untuk pelajar yang di bawah 17 tahun dapat menggunakan kartu pelajar atau surat keterangan sekolah. Kemudian melengkapi form pembukaan rekening TabunganKu yang telah disediakan. Untuk setoran awalnya dapat menyetor minimum Rp 20.000,- saja untuk bank umum dan Rp 10.000,- untuk bank BPR/Syariah. Ini adalah angka yang sangat sedikit dibandingkan dengan tabungan-tabungan jenis lainnya, sedangkan setoran selanjutnya maka calon nasabah dapat menyetor minimum Rp 10.000,-.
Bagi nasabah yang ingin melakukan penarikan, maka saldo minimum setelah penarikan yang harus tersisa di rekening adalah sebesar  Rp 20.000,- (bank umum) dan Rp 10.000,- (BPR/Syariah). Apabila dibawah angka tersebut dan tidak adanya transaksi selama 6 bulan berturut-turut atau saldo dorman  maka rekening nasabah secara otomatis akan ditutup sendiri oleh sistem dengan biaya penutupan sebesar sisa saldo. Untuk penarikan  tunai dan pemindahan bukuan melalui counter, ini bisa dilakukan di seluruh jaringan kantor bank penerbit yang sama, cukup nyaman bukan.
Yang perlu nasabah ketahui juga apabila tabungan kita dalam posisi saldo dorman maka rekening TabunganKu akan dikenakan pinalti sebesar Rp 2.000,- per bulan (bank umum) dan Rp 1.000,- per bulan (BPR/Syariah). Sedangkan untuk nasabah yang ingin melakukan penutupan rekening TabunganKu (atas permintaannya sendiri) maka nasabah akan dikenakan biaya penutupan sebesar Rp 20.000,- untuk bank umum dan Rp 5.000,- untuk BPR/Syariah.
Fitur dan Layanan Produk Tabunganku
    Seperti yang telah dijelaskan beberapa fitur produk di atas, seperti setoran awal dan setoran selanjutnya yang ringan dan tidak adanya administrasi bulanan, semua fitur ini sudah pasti ada di setiap bank yang meluncurkan produk TabunganKu karna hal tersebut merupakan fitur standar (Mandatory) yang telah ditetapkan sesuai dengan kesepakatan yang telah di setujui bersama.
Sedangkan untuk fitur tambahannya (Customizad/Optional)  sendiri, di setiap bank ini mempunyai ketentuan dan layanannya yang berbeda-beda. Ada bank yang memberikan tambahan fitur lainnya seperti ATM, sms banking, m-banking dan layanan lainnya, namun ada pula yang tidak. Ada yang gratis biaya bulanannya tetapi biaya transfer dan penarikan via ATM jadi berbayar. Dan ada juga bank-bank yang hanya memberikan fasilitas standar TabunganKu saja, itu semua tergantung dari kebijakan masing-masing bank bersangkutan. Karena setiap bank punya ketentuan dan layanannya masing-masing maka nasabah pun juga harus mengikuti ketentuan di masing-masing bank tersebut.
Tabunganku Dirasakan Manfaat Oleh Masyarakat Aceh, Khususnya Sabang

Berjalannya waktu TabunganKu yang awalnya diperuntukkan untuk masyarakat kalangan bawah, sekarang TabunganKu sudah menjadi idola di masyarakat dan banyak pihak yang memanfaatkan program ini. Orang yang mampu dalam ekonomi pun sekarang sudah ikut berpartisipasi untuk memilikinya, terutama anak-anak dan para pelajar yang masih di bawah umur dan belum punya kartu identitas, karena program ini terbuka bagi semua umur.  Hal ini juga sangat dirasakan oleh masyarakat Kota Sabang khususnya Para pelajar, baik pelajar di sekolah, perguruan tinggi maupun di pesantren/dayah.  

Ditahun 2016 dengan jumlah penduduk 39.304 penduduk dan akan terus meningkat setiap tahunnya, kemajuan ekonomi masyarakat kota Sabang yang semakin bertambah sehingga TabunganKu sangat tepat dengan  kondisi Sabang sekarang, ini membuktikan ada kepedulian pemerintah pusat kepada daerah terpecil untuk pengembangan ekonomi di daerah untuk penduduk kurang mampu.
Belum lagi program pemerintah tabunganKu untuk anak sekolah untuk menunjang pendidikan dan ekonomi keluarga, hadirnya tabunganKu sangatlah berarti bagi kalangan pelajar untuk menabung dan meningkat kualitas tingkat kehidupan manusia, karena pemerintah begitu sadar untuk meningkat ekonomi di  wilayah terpecil.
 (Iswanda/anggota GenBI Aceh 2016) Email :yuawanda@gmail.com
  • Google+ Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: TabunganKu Demi Masa DepaKu Rating: 5 Reviewed By: genBI Aceh