Latest News
Selasa, 28 Februari 2017

102 Komunitas Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017


Genbiaceh.or.id | Banda Aceh – Selaku komunitas yang peduli terhadap lingkungan  Generasi Baru Indonesia (GenBI)  Provinsi Aceh yang tergabung dalam Forum Kolaborasi Komunitas beserta  beserta 102 komunitas memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017 dengan melakukan aksi pemungutan sampah di delapan titik kawasan Ulee Lheu Banda Aceh, Minggu (26/02/2017).

Aksi ini lebih mengutamakan pemumungutan sampah anorganik yang dibagikan kedalam dua katagori sampah, diantaranya sampah botol dan plastic yang dapat di daur ulang dan sampah anorganik yang tidak dapat di daur ulang. Dalam aksi ini lintas komunitas berhasil mengumpulkan sebanyak 1.137 kilogram sampah yang kemdian dilakukan edukasi pemilahan sampah dengan tujuan edukasi akan pengelolaan sampah.

Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, SE dalam sambutan nya memberikan apresiasi kepada seluruh komunitas yang turut andil dalam acara tersebut serta mengharapkan agar semangat  kolaborasi komunitas dan pemerintah dalam menjaga lingkungan tetap bertahan.

“Hari ini kita bertambah semangat dengan adanya kolaborasi antara pemerintah dan komunitas, serta kita bisa bersama-sama mewujudkan Indonesia Bebas Sampah. Tahun 2020 terlalu lama, dengan ada semangat ini Indonesia Bebas Sampah bisa kita perolah di tahun 2019,” ujar Illiza.

Kegiatan HPSN yang dibukakan langsung oleh wali kota Banda Aceh ini sebelum nya telah melakukan beberapa aksi berupa sosialisasi dan pengisian form kuesioner  terkait pengelolaan sampah dan 3R. serta melakukan clean up Under water sehari sebelum hari puncak yang berhasil mengumpulkan 170 kilogram  sampah tepatnya pada hari Sabtu, (25/02/2017 ) di Pelabuhan  Ulee Cot Banda Aceh.

Rangkaian kegiatan HPSN 2017 Indonesia Bebas Sampah 2020 yang disusun oleh panitia penyelenggara Forum Kolaborasi Komunitas ini mengankatkan tema yang berkaitan dengan lautan terkait himbauan Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan.
Koordinator kegiatan, Aldi Febrian mengungkapkan perlu adanya kesadaran masyarakat terutama dalam hal pengelolaan sampah serta meng harapkan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

“Untuk mewujudkan indonesia bebas sampah 2020 sesuai dengan yang di targetkan, maka perlu ada kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan serta melakukan pemisahan dan pemilihan terhadap sampah yang akan di buang,” ujar Aldi pada media genbiaceh.or.id

Menurut nya, masyarakat sudah sadar akan dampak dari sampah, namun pemahaman akan 3R (Reduce, Recycle, dan Reuse) oleh masyarakat masih minim, hal ini diperoleh dari data hasil kuesioner yang dilakukan beberapa minggu sabelum acara puncak. Ia berharap adanya peran lebih pemerintah dan komunitas dalam mengedukasikan 3R kepada masyarakaat.[] Mulyadi Gunawan


  • Google+ Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 102 Komunitas Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017 Rating: 5 Reviewed By: genBI Aceh