Latest News
Jumat, 03 Februari 2017

BI Aceh Sosialisasikan Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2016 Kepada Pomdam Iskandar Muda




Gambar : Mulyadi Gunawan
 BI Aceh Sosialisasikan Uang Rupiah BaruTahun Emisi 2016 Kepada Pomdam Iskandar Muda
Genbi Aceh, Banda Aceh- Para Kasi, Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil Lingkungan Pomdam Iskandar Muda mengikuti Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 dari Bank Indonesia Kpw. Provinsi Aceh di Aula Pomdam IM Banda Aceh, Rabu ( 01/02/ 2017).
Sambutan Komandan Polisi Militer Kodam Iskandar Muda, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Komandan Polisi Militer Kodam Iskandar Muda, Bp. Letnan Kolonel Cpm Nashrun, S.H. menyampaikan pentingnya kegiatan sosialisasi ini sebagaimana uang rupiah merupakan lambang kedaulatan Negara Republik Indonesia.
 “Sosialisasi ini bertujuan member pemahaman kepada anggota di jajaran Pomdam IM  serta menjelaskan kepada  masyarakat tentang isu-isu dan berita hoax yang tersebar dan menjadi viral selama ini”.
Teuku mewakili kepada perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh dalam sambutannya menjelaskan bentuk dan warna uang baru yang diluncurkan BI terdiri dari sebelas pecahan yakni tujuh uang kertas dan empat uang logam dengan total sebelas desain bentuk baru uang NKRI. Dia juga mengklarifikasi pemberitaan hoax yang selama ini tersebar dimasyarakat yang tercatat setidaknya terdapat 5 (lima) isu hoax dan berita bohong yang banyak beredar di masyarakat antara lain:
Pertama Adanya gambar palu arit atau logo dari partai terlarang pada uang rupiah baru Tahun emisi 2016. Dapat kami sampaikan bahwa berita atau isu tersebut sama sekali tidak benar. Logo atau gambar tersebut tidak lain adalah logo Bank Indonesia yang dicetak dengan teknik rectoverso, sebagai salah satu unsur pengaman uang. Dalam hal ini, logo BI tersebut dipotong secara diagonal, sehingga membentuk ornamen yang tidak beraturan.
Gambar rectoverso tersebut lazim digunakan di berbagai mata uang di negara-negara lainnya. Bank Indonesia telah menggunakan rectoverso sejak tahun 1993. Penggunaannya sendiri telah telah diketahui oleh seluruh unsur Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (Botasupal), yang terdiri dari BIN, Polri, Kejaksaan RI, BI dan Kemenkeu. Karena dalam penerbitan uang Rupiah, BI juga berkoordinasi dengan Botasupal.
Kedua Terdapat pula isu yang mengatakan bahwa warna uang Rupiah  Tahun Emisi 2016 mirip dengan mata uang cina yaitu Yuan. Dalam kesempatan ini kami sampaikan bahwa berita tersebut sama sekali tidak benar.
Setiap pecahan uang didesain dengan menggunakan warna yang berbeda. Sebab, Survei yang dilakukan BI juga menunjukkan bahwa 90 persen responden menggunakan warna sebagai pembeda.Adapun untuk menentukan warna yang digunakan di mata uang, bank sentral umumnya mengacu pada skema warna Munsell, yaitu untuk pecahan dengan angka depannya sama, digunakan warna yang berbeda secara kontras.
Mengingat kombinasi warna yang digunakan untuk mencetak uang juga mempunyai keterbatasan, maka pada akhirnya akan ada irisan warna yang mirip antara uang satu negara dengan uang negara lain, dan ini adalah hal yang wajar. Oleh karena itu pula warna pada uang Rupiah TE.2016 juga mempunyai kemiripan (namun tidak sama) dengan uang Euro, Poundserling, Yuan dan beberapa mata uang lainnya.
Ketiga Banyak juga isu hoax yang beredar bahwa Uang Rupiah TE.2016 dicetak oleh PT. Pura Barutama (PBT) di Kudus. Bukan melalui Perum Peruri. Hal ini tentu sama sekali tidak benar, bahkan terindikasi fitnah.
Sesuai dgn Pasal 14 ayat (1) & (2) UU No.7 Th.2011 ttg Mata Uang (UU MU), jelas & tegas disebutkan bahwa pencetakan Rupiah dilakukan oleh BI di dalam negeri dengan menunjuk badan usaha milik negara sebagai Pelaksana Pencetakan Rupiah (dalam hal ini adalah Peruri). Pura hanya salah satu pemasok bahan uang, yang proses pengadaannya dilakukan dengan tender dan memenuhi prinsip tata kelola yang baik.
Selain itu, Khusus tentang pengelolaan uang Rupiah (termasuk Pencetakan Rupiah), BI selalu diaudit oleh BPK RI minimal 2x per tahun, mulai dari audit rutin, audit keuangan, dan macam2 audit lainnya, demikian juga Peruri senantiasa diaudit oleh BPK RI untuk pencetakan uang Rupiah. Sehinga dengan kontrol yang sangat ketat, tidak mungkin percetakan uang dapat dilakukan selain oleh Peruri.
Keempat Kami juga memperhatikan bahwa banyak berita-berita di media sosial bahwa terdapat ketidaksesuaian dalam pemilihan gambar pahlawan nasional. Sebagai contoh di Aceh, terdapat opini yang mengatakan bahwa seharusnya gambar Cut Meutia di pecahan uang Rp1.000,- menggunakan penutup kepala atau hijab.
Menanggapi hal ini, dapat kami jelaskan bahwa Penggunaan gambar Pahlawan Nasional diperoleh Pemerintah dari instansi resmi yang berwenang (dalam hal ini adalah Kemensos RI) dan telah memperoleh persetujuan dari Ahli Waris. Penetapan Gambar Pahlawan Nasional dan/atau Presiden pada uang Rupiah ditetapkan dengan Keppres. Tentu dalam penetapan gambar tersebut telah dilakukan riset terlebih dahulu kepada ahli sejarah, akademisi, tokoh masyarakat, serta sumber-sumber dokumen terdahulu, dan dilakukan oleh instansi yang bertanggungjawab. Maka sudah sepatutnya kita mengapresiasi dan menghargai hasil kerja keras pemerintah dalam menetapkan gambar pahlawan nasional.
Kelima Terdapat pula isu hoax bahwa Uang Rupiah TE.2016 dicetak dengan skeme +1. Hal ini sama sekali tidak benar. Dalam kesempatan ini kami sampaikan bahwa perencanaan dan penentuan jumlah Rupiah yang dicetak dilakukan oleh BI berkoordinasi dengan Pemerintah.
Jumlah uang rupiah yang dicetak ditentukan dari estimasi kebutuhan uang yang didasari oleh asumsi tingkat inflasi, asumsi pertumbuhan ekonomi, rencana tentang macam dan harga Rupiah, proyeksi jumlah uang yang dicetak serta jumlah Rupiah yang rusak dan yang ditarik dari peredaran.
Proses pencetakan uang, pemusnahan, dan penarikan uang juga termasuk dalam cakupan audit BPK RI tiap tahunnya juga didukung oleh pengawasan internal Bank Indonesia.”ujarnya”.



  • Google+ Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: BI Aceh Sosialisasikan Uang Rupiah Baru Tahun Emisi 2016 Kepada Pomdam Iskandar Muda Rating: 5 Reviewed By: Unknown