Latest News
Selasa, 14 Maret 2017

Kehadiran LKD Sebagai New Comer Dikalangan Masyarakat Aceh

KEHADIRAN LKD SEBAGAI NEW COMER DIKALANGAN MASYARAKAT ACEH

Kehadiran Layanan Keuangan Digital (LKD) sebagai gerakan nontunai oleh Bank Indonesia masih belum begitu dikenal oleh masyarakat Aceh. Penggunaan instrumen keuangan digital di Aceh masih sangat rendah, baik itu di perkotaan maupun di pedesaan. Meskipun BI sudah meluncurkan LKD beberapa tahun sebelumnya, namun hampir seluruh masyarakat Aceh belum begitu kenal dan mengetahui apa itu non tunai, dan apa itu LKD sehingga kehadirannya masih dianggap sebagai sesuatu yang baru (new comer).
Hal ini dikarenakan sifatnya yang dilakukan secara elektronik, diiringi dengan akses perbankan yang cenderung masih sangat rendah disetiap dearah yang ada di Aceh, apalagi dipedesaan yang bisa dikatakan sebagai masyarakat yang belum melek bank.  Menurut Deputi Direktur Program Elektronifikasi dan Keuangan Inklusi Bank Indonesia, Rahmi Artati, pola pikir masyarakat Indonesia masih cash minded economy. Tidak terkecuali Aceh yang masyarakatnya masih cenderung memiliki pola pikir ekonomi tunai, sehingga setiap transaksi yang dilakukan masih banyak menggunakan uang tunai yang mengakibatkan kurangnya penggunaan LKD dalam bertransaksi.
Padahal, kehadiran LKD sendiri dapat memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Sebagai new comer yang hadir dalam sisi kehidupan masyarakat Aceh,kehadirannya tentu akan dipertanyakan, mulai dari kenapa harus menggunakan LKD hingga kepada manfaat yang ada pada layanan ini.
Apa manfaat yang dapat diperoleh dari Layanan Keuangan Digital? Jawabannya adalah kehadiran LKD sebagai pengembangan keuangan inklusif di Indonesia memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan transaksi tunai yang dilakukan. Manfaat lebih yang akan didapat dari penggunaan LKD dalam sistem pembayaran maupun transaksi lain diantaranya (1) transaksi menjadi lebih mudah, aman dan nyaman; (2)transaksi menjadi lebih cepat tanpa harus menunggu uang kembalian;(3) tidak akan terjadi kesalahan hitung, dan yang paling penting adalah; (4) dapat meminimalisir kriminalitas terutama mengenai uang seperti adanya pencurian dan pencucian uang, suap menyuap, dan peredaran uang palsu.
Sejauh ini, untuk memperkenalkan Layanan Keuangan Digital (LKD) kepada masayarakat Aceh,ada beberapa cara yang ditempuh BI dalam meng-edukasi mengenai layanan tersebut, diantaranya yaitu dengan melakukan sosialisasi, layanan pusat informasi, lomba, seminar, talkshow nontunai, dan bazar-bazar lainnya yang menyangkut dengan LKD, baik itu mengenai sistem maupun cara penggunaannya. Sistem dari LKD sendiri adalah bertumpu pada teknologi yang berbasis handphone (mobile based) serta berbasis web (web based), sehingga transaksi tetap bisa dilakukan meskipun pengguna berada jauh dari jangkauan bank.

Nama : Farhatul Qubra
Email : farahchriqui@gmail.com
Anggota GenBI Aceh Tahun 2015

  • Google+ Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kehadiran LKD Sebagai New Comer Dikalangan Masyarakat Aceh Rating: 5 Reviewed By: genBI Aceh