• Genbi Komsat UIN Ar-Raniry Gelar Aksi Bersih Mushola


    www.genbiaceh.or.id | Banda Aceh - Generasi Baru Indonesia (Genbi) komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melakakukan aksi bersih Mushola, di Mushola Lamnyong Rukoh, Banda Aceh, Senin (22/7/2019).

    Aksi ini dilakukakan guna menjadikan mushola yang ada di sudut bagian pasar Rukoh bersih dan nyaman ketika dipakai beribadah. Lokasinya yang persis berada di pinggir jalan dan tak jauh dengan tempat pembuangan sampah kerap kali  mengundang bau yang tak sedap.

    Untuk itu, melalui divisi lingkungan, Genbi mengerahkan seluruh anggotanya menggelar aksi bersih-bersih di lokasi tersebut. Selain digunakan untuk shalat fardhu berjamaah, mushola ini dipakai juga untuk mengajar ngaji anak-anak sekitar.

    Ketua Genbi Komisariat UIN Ar-Raniry, Fazil Rinaldi mengatakan, ketidakpedulian masyarakat akan kebersihan lingkungan walaupun dalam segi kecil sangat berdampak buruk.

    "Ketidakpedulian masyarakat kota terhadap lingkungan bisa menjadi ancaman serius bila tidak ditanggulangi. Kami dari Genbi komsat UIN berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengetuk hati masyarakat untuk terus menjaga kebersihan, terutama di tempat ibadah," katanya.

    Masyarakat kota yang cenderung tidak peduli terhadap lingkungan terkadang menjadikan seseuatu yang seharusnya bisa dihindari namun justru berakibat buruk.

    Kebersihan lingkungan di tempat beribadah bahkan sudah sejak lama diperintakan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Abu Sa’id berkata, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam bersabda, “Kunci dari shalat adalah bersuci” (H.R. At-Tirmizi: 221).


    Menurut Fazil menjadi mahasiswa tidaklah selalu harus berhubungan dengan pendidikan saja. Namun juga meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

    "Apasih gunanya kuliah kalau kita tidak bisa memanusiakan manusia, mengamalkan tridarma perguruan tinggi. Kita adalah kaum intelektual bukan calon sarjana kertas," ujarnya.

    Kegiatan ini tentunya menjadikan pihak Mushola senang bahkan turut serta dalam kegiatan aksi tersebut. Selaku pendamping imam Mushola, Parman Jasnul mengatakan, dirinya sangat mengapresiasikan kegiatan GenBI ini.

    "Saya sangat mengucapkan terimakasih banyak. Ke depan mungkin harapannya adalah ada banyak program yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa di Mushola ini. Tidak hanya bersih-bersih, namun juga program lain," katanya.[Cut Salma H.A]

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar