• Less Waste Event, Kegiatan Kolaborasi SAHI dan GenBI Aceh untuk Kurangi Limbah Plastik



    www.genbiaceh.or.id | Banda Aceh – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh berkolaborasi dengan Sahabat Hijau (SAHI) mengadakan kegiatan “Less Waste Event” mengiringi car free day di depan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Banda Aceh. Minggu (7/7/2019).

    Sebanyak sebelas perwakilan GenBI Aceh dan enam anggota SAHI berpartisipasi dalam kegiatan kolaborasi ini, yang kemudian dibagi menjadi tiga tim, yaitu Tim Edukasi, Tim Patroli, dan Tim Penjaga Posko.

    Tim Edukasi bertugas memberikan bimbingan dan arahan kepada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya sembari. Tim Patroli bertugas memantau dan menegur masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

    Selanjutnya, Tim Penjaga Posko bertugas memilah sampah-sampah yang bisa dimanfaatkan untuk daur ulang. Sembari melaksanakan tugas, ketiga tim juga turut mengutip sampah dalam lingkup car free day.

    Yusrida Arnita selaku Ketua Lembaga SAHI yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, memotivasi masing-masing tim untuk terus bergerak aktif dan semangat dalam menjaga kelestarian bumi.

    “Seperti halnya kertas kresek yang tidak terurai walaupun beratus tahun lamanya, jika bukan dimulai dari kita untuk mengurangi sampah sampah tersebut, siapa lagi? Contoh lain, jika belanja di supermarket, sekecil apapun barang yang kita beli pasti akan ada bungkusan plastiknya. Inilah yang menjadi problem meningkatnya sampah. Alangkah baiknya jika bisa disimpan di ransel, sehingga tidak perlu memakai plastik. Setidaknya sudah berkurang satu sampah, namun apabila belanjaan banyak dan sulit untuk dibawa, sebaiknya siapkan tas kain praktis yang bisa disimpan mudah dengan tujuan untuk mengurangi sampah-sampah yang mencemari bumi,” pungkasnya.

    Banyak ilmu yang diperoleh dari kegiatan tersebut. Selain berefek berkurangnya sampah plastik, juga menghasilkan kenyamanan dari bersihnya lingkungan dari sampah yang menjadi wabah penyakit bagi masyarakat.

    Kegiatan usai tepat pukul 11.15 yang diakhiri dengan makan bersama dan sesi foto bersama kedua komunitas. (Anita Sari)

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar