Peduli Lingkungan, GenBI Aceh Tanam Bibit Mangrove




www.genbiaceh.or.id | Banda Aceh- Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh menggelar kegiatan peduli lingkungan dengan menanam mangrove di Desa Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Jum'at (16/10/2020). 

Ketua Umum GenBI Aceh, Syarifuddin mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga juga dapat memberi manfaat pada masyarakat sekitar.

"Tujuan dari pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove adalah wujud kepedulian terhadap lingkungan. Dimana acara ini manfaatnya sendiri dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar," katanya. 

Dalam pelaksanaannya, komunitas GenBI tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, mengingat kegiatan ini dibuat masih dalam keadaan pandemi. 

"Walaupun di masa pandemi, tentu tidak melenturkan semangat untuk melakukan kegiatan bakti sosial agar tetap berdedikasi untuk negeri," ujarnya. 

Anggota GenBI Aceh bersama perangkat Desa Deah Raya melakukan kegiatan menanam mangrove, Jum'at (16/10/2020). 


Kegiatan ini turut disambut baik oleh Sekretaris Desa Deah Raya, Fahrul Rizal. Bahkan Fahrul ikut serta mendampingi komunitas GenBI menanam mangrove bersama beberapa pemuda desa lainnya. 

Fahrul mengatakan, beberapa mangrove yang tersisa saat ini merupakan peninggalan orang tua terdahulu sebelum Tsunami Aceh melanda yang ikut menghacurkan mangrove. 

"Mangrove yang tersisa ini peninggalan orang tua kami dulu sebelum Tsunami. Sampai saat ini kami coba untuk terus melestarikannya. Tentunya saya berterimakasih pada adik-adik GenBI yang bersedia membuat kegiatan melestarikan lingkungan seperti ini," katanya.

Anggota GenBI melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Jum'at (16/10/2020). 

Daerah penanaman mangrove tersebut merupakan daerah yang sangat dekat dengan laut. Mangrove yang tumbuh berjajar menjadi benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut.

Abrasi sendiri merupakan momok yang cukup menakutkan bagi sebagian warga pesisir. Sehingga menanam mangrove menjadi salah satu upaya melindungi daerah pesisir agar terhindar dari abrasi.[]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beasiswa Bank Indonesia Provinsi Aceh Tahun 2020 Telah Dibuka

GenBI Unaya Sosialisasi Lingkungan Bersih

GenBI Aceh Gelar Pelatihan Jurnalistik di Perpustakaan BI